TINGKATKAN PELAYANANAN INFORMASI PUBLIK DISBUN KUKAR GELAR PELATIHAN WEBSITE

Tenggarong, Kamis 15 Agustus 2019 Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Kartanegara gelar pelatihan pengelolaan website dan aplikasi online. Pelatihan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kelapa Sawit Dinas Perkebunan Kab. Kukar dibuka oleh Ir. Syarianto, M.M, Kepala Bidang Perlindungan Disbun Kukar.

Pelatihan pengelolaan website dan aplikasi online, dimaksud untuk meningkatkan kualitas SDM Disbun Kukar dalam pelayanan informasi berbasis online. Ir. Syahrianto. M.M menuturkan bahwa pelayanan informasi yang berkualitas dapat mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik, transparan, akuntabel, efektif dan efesien serta dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga melalui website dan aplikasi online tersebut masyarakat dapat dengan mudah memperoleh informasi  perkebunan yang disajikan oleh Disbun Kukar.

Pemateri Pelatihan Pengelolaan Website dan Aplikasi online diisi oleh Fedlandy Yulian, ST dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Kukar dengan materi “Membangun website” dan Reza Fahlevi, S.Hut dari Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur dengan materi “Dasar Jurnalistik dan Tata Kelola Website dan Aplikasi Online”.

Menurut Reza Fahlevi, S.Hut dalam pengelolaan kontens pada website yakni pada penulisan jurnalistik dan proses penggambilan gambar, harus dilakukan secara objektif, Up to Date, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Fedlandy Yulian, ST juga menambahkan, bahwa kontens dalam website perlu juga memperhatikan judul dan isi artikel ataupun berita, sehingga tidak menimbulkan multitafsir yang dapat merugikan baik pada Dinas selaku sumber informasi dan masyarakat selaku pengguna informasi dan data.

Penyajian kontens website dan aplikasi online juga perlu memperhatikan aspek-aspek Keterbukaan Informasi Publik (KIP). “Dalam proses penyampain informasi dan data perkebunan berbasis online, perlu memperhatikan klasifikasi informasi, baik informasi terbuka ataupun dikecualikan sesuai dengan UU KIP sebelum disajikan dalam website”, tutur Reza.

Selain itu juga Reza Fahlevi menegaskan bahwa sukses dan berhasilnya pengelolaan website dan aplikasi online dapat dilihat dari tingkat kepuasaan masyarat terhadap pelayanan yang diberikan oleh Dinas, tutur Reza.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *