SOSIALISASI DAN KOORDINASI PENGENDALIAN KEBAKARAN LAHAN DAN KEBUN DI WILAYAH KECAMATAN LOA KULU

Tenggarong, 1-10-2018. Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Kartanegara melalui UPT. Pengendalian Kebakaran Lahan dan Kebun, dibantu Anggota Satgas Karlabun Disbun Kukar sebayak 10 orang, baru-baru ini (27/9) mengadakan kegiatan sosialisasi dan koordinasi pengendalian kebakaran lahan dan kebun ke lokasi pembukaan lahan untuk pertanian padi ladang yang dibuka dengan cara membakar. Lahan berada di Desa Lung Anai Kecamatan Loa Kulu dan Luas lahan yang terbuka atau terbakar untuk pertanian padi ladang seluas ± 10 Ha

Kegiatan ini koordinatori oleh Kepala UPT. PKLK Rudianto Hamli, SP. M.Si.

Turut serta pada kegiatan tersebut Kepala Bidang Perlindungan Disbun Kukar Ir. Syahrianto, MM.

Kegiatan yang dilakukan dalam sosialisasi dan koordinasi tersebut diantaranya adalah:

  • Melakukan koordinasi dan sosialisasi kepada pihak menajemen PT. Niagamas Gemilang terkait Pengendalian Kebakaran Lahan Dan Kebun.
  • Menyarankan kepada pihak perusahaan untuk melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat sekitar perusahaan tentang kegiatan pembukaan lahan tanpa membakar.
  • PT. Niagamas Gemilang bersedia memfasilitasi kegiatan Pengendalian Kebakaran lahan dan kebun di wilayah kerja Perusahaan.
  • PT. Niagamas akan selalu mengawal, mengawasi kegiatan pembukaan lahan yang dilakukan oleh masyarakat dan melakukan pemasangan peringatan pelarangan pembukaan lahan dengan membakar.
  • Mengharapkan Desa dan PT. Niagamas Gemilang untuk membentuk dan juga ikut membina Kelompok Tani Peduli Api.
  • Selanjutnya kunjungan kelokasi, bertemu dengan pemilik lahan dan menyampaikan penyuluhan atau sosialisasi mengenai Pembukaan Lahan Tanpa Membakar.

Diharapkan dari kegiatan ini dapat meminimalisir terjadinya kebakaran lahan dan kebun dalam wilayah Kutai Kartanegara. (RdH)

Sumber: UPT. PKLK Disbun Kukar

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *