Satgas Karlabun Ikuti Bimtek Pengendalian Kebakaran Lahan Dan Kebun (Dalkarlabun)

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelatihan Pengendalian Kebakaran Lahan Dan Kebun bagi Brigade, Satgas dan Kelompok Tani Peduli Api dengan tema “Membangun Inisiatif Model Kemitraan Dalkarlabun“, dilaksanakan oleh Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur dari tanggal 16-19 Oktober 2018, bertempat Hotel Grand Kartika Samarinda.

Peserta pelatihan berjumlah 28 peserta, terdiri dari Brigade Provinsi Kaltim, Satgas Kabupaten, satuan pemadam PBS dan Kelompok Tani Peduli Api yang berasal dari empat kabupaten di wilayah Kalimantan Timur yaitu Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Berau, Kabupaten Kutai Timur, dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Narasumber berasal dari Brigade Provinsi Kaltim, BPBD Provinsi Kaltim dan The Nature Conservancy (TNC). Dan materi yang diberikan dari Brigade Provinsi Kaltim (Henny Herdianto) “Kebijakan dan strategi pengendalian kebakaran lahan dan kebun”, dari BPBD provinsi Kaltim (Sugeng Priyanto, S.Hut.,M.Si) “Sistem Komando Penanganan Darurat Bencana (Kebakaran Lahan Dan Kebun)” dan dari TNC (Alfan Subekti) dengan materi “Pengendalian Kebakaran Lahan Dan Kebun dalam Kesepakatan Pembangunan Hijau – GREEN RROWTH COMPACT”. Dan juga materi lainnya yaitu:

-. Keselamatan kerja dan penggunaan alat.

-. Teknik pemadaman kebakaran

-. Menjalin Kebersamaan

-. Capacity building

-. Praktek Pemadaman

-. Evaluasi, Rencana dan Tindak Lanjut.

Perlunya rencana usulan tindak lanjut dalam Pengendalian Kebakaran Lahan dan Kebun:

  1. Menyusun rencana kegiatan bersama Dalkarlabun.
  2. FGD penerapan inisiatif model kemitraan dalkarlabun.
  3. Inventaris sumber air/embung
  4. Bantuan Sapras dan pelatihan dalkarlabun.
  5. Pertemuan Brigade, satgas dan KTPA.

 Penulis : RyH – PKLK

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *