Pengenalan Ruang Lingkup Disbun Kukar Kepada Mahasiswa PKL Universitas Mulawarman

Pengenalan Dinas Perkebunan Kepada Mahasiswa PKL Universitas Mulawarman

Tenggarong – Dinas Perkebunan Kutai Kartanegara melakukan kegiatan Pengenalan profil struktur organisasi kepada mahasiswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) dari Universitas Mulawarman pada tanggal 25 juni 2019. Kegiatan ini berlangsung di ruang sekretaris Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Kartanegara, diikuti oleh pihak dari dinas perkebunan beserta mahasiswa pkl universitas mulawarman. Mahasiswa yang sedang melaksanakan PKL berjumlah sebanyak 4 orang yang berasal dari jurusan Teknik Informatika, dan akan melaksanakan kegiatanya selama 20 hari kerja.

Pengenalan ini Dinas Perkebunan ini dilakasanakan oleh tim website dan tim inovasi dari dinas  perkebunan, yang bertujuan untuk mengenalkan struktur organisasi Dinas Perkebunan, menjelaskan secara singkat tentang tugas pokok dan fungsi dari  setiap bidang yang ada di dalam organisasi Dinas Perkebunan Kutai Kartanegara. Dalam kesempatan ini juga disampaikan tentang keterbukaan informasi publik yang sudah diterapkan di Dinas Perkebunan. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang No. 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik adalah salah satu produk hukum Indonesia yang dikeluarkan dalam tahun 2008 dan diundangkan pada tanggal 30 April 2008 dan mulai berlaku dua tahun setelah diundangkan. Undang-undang yang terdiri dari 64 pasal ini pada intinya memberikan kewajiban kepada setiap Badan Publik untuk membuka akses bagi setiap pemohon informasi publik untuk mendapatkan informasi publik, kecuali beberapa informasi tertentu. Terkait dengan keterbukaan informasi publik ini, juga disampaikan bahwa Dinas Perkebunan mempunyai website yang difungsikan untuk mendukung hal tersebut.

Selain itu, pengenalan ini bertujuan agar mahasiswa lebih mengenal seperti apa sistem pemerintahan yang ada di dalam dinas perkebunan dan mengetahui apa saja kegiatan yang di kerjakan oleh setiap bidang. Serta mahasiswa PKL ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai praktek dalam dunia kerja sehingga dapat memberikan bekal kepada mahasiswa untuk terjun langsung ke lapangan, dapat mempraktekkan teori-teori yang telah di pelajari sebelumnya, memperoleh pengalaman kerja dalam suatu instansi, memenuhi syarat matakuliah praktek kerja lapangan dan meningkatkan kerjasama yang baik antara universitas mulawarman dengan Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Kartanegara. (Nyoman)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *