Pengawasan dan Pembinaan Usaha Perkebunan TA.2020

Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Kartanegara (Disbun Kukar) Melalui Bidang Usaha dan Penyuluhan Melaksanakan Kegiatan Pengawasan dan Pembinaan Bagi Petugas Pengelola Harga Pasar dan Pelaku Usaha Komoditas Perkebunan di Kecamatan Muara Wis kabupaten Kukar.

Kegiatan ini diberi sambutan dan arahan langsung oleh Kepala Dinas (Kadis) Perkebunan Kukar Ir. H. Muhammad Taufik didampingi Kasi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Desy Noriyani, S.Hut dan Kasi Pembinaan dan Gangguan Usaha Subagio, SP.  Adapun peserta yang hadir yaitu anggota dari 6 Kelompok Tani Pekebun Kelapa Sawit yakni Karya Etam, Karya Bhakti, Karya Harapan, Karya Harapan I, Ingin Maju dan Karya Bersama dari Desa Lebak Cilong Kecamatan Muara Wis yang tergabung dalam Kelompok Tani “Jaya Etam” di Ketuai oleh Bapak Zulpani.

Para kelompok tani pekebun kelapa sawit binaan UPT P3R Kecamatan Muara Wis yang di Kepalai oleh Ibu Lailatun Nida, SP, MP mendapat kesempatan menyampaikan aspirasinya terkait kendala-kendala yang di hadapi selama ini seperti sulitnya mendapatkan pupuk karena terkendala dana, kurangnya lahan kebun dan terkendala sulit mendapatkan bibit kelapa sawit serta turunnya harga pasar akibat pandemi COVID-19.

Dalam arahannya Kadis menyampaikan bahwa sebaiknya para petani pekebun bisa aktif bekerjasama dengan Koperasi agar lebih mudah mendapatkan pupuk bersubsidi dan bisa mengajukan proposal pengajuan bibit melalui UPT P3R Kecamatan Muara Wis dan nantinya akan di realisasikan melalui TA.2020.

Hadir juga Kepala Desa Lebak Cilong dan Agronomis dari PT.CITRA AGUNG JAYA Bapak Subur untuk memperkenalkan Pupuk Bio Soluter  sebagai pupuk organic yang aman untuk tanaman. (sshk)

Sumber : Bidang Usaha dan Penyuluhan

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *