MUSPIKA KECAMATAN MUARA KAMAN ADAKAN SOSIALISASI PENANGANAN KARHUTLA

Tenggarong,- Unsur Muspika Kecamatan Muara Kaman mengadakan sosialisasi penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Kegiatan sosialisasi ini diadakan pada tanggal 12 hingga 14 September lalu dengan sasaran masyarakat di 4 desa yang terdapat di Kecamatan Muara Kaman, yaitu Desa Sabintulung, Desa Tunjungan, Desa Liang Buaya dan Desa Sedulang.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Perwakilan Polres Kutai Kartanegara-Iptu. Khambali, Dinas Perkebunan Kutai Kartanegara-Ir. Syahrianto, MM (Kabid Perlindungan Perkebunan) dan Rudiyanto Hamli, SP., M.Si (Kepala UPT Pengendalian Kebakaran Lahan Dan Kebun), Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur-Darussalam dan Arpani, Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan-Suryanto Nata (Staf Seksi Kerusakan Lingkungan Hidup), Kepala Desa Sabintulung-Obeosanusi, Kepala Desa Tunjungan-Samsudin, Kepala Desa Liang Buaya-Pirasil, Kepala Desa Sedulang-Anedi, serta beberapa pihak manajemen perusahaan Putra Susanta dari PT. Kencana Grup, Dimas dari PT. SKL dan Sudi dari PT. ATK.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan mengingat kondisi saat ini banyak terjadi musibah kebakaran  diwilayah kecamatan Muara Kaman baik pada pemukiman tempat tinggal,  lahan tidur maupun area sekitar bantaran sungai.

Sebagaimana diketahui Kecamatan Muara Kaman memiliki Cagar Alam Lahan Gambut yang lokasinya berada pada Desa Sedulang sampai daerah Kupang Baru yang dengan kondisi tersebut kebakaran lahan rentan terjadi disaat masuk musim kering dan debit air sungai rendah atau sungai menjadi surut.

Di Desa Tunjungan sebagian besar warganya adalah pendatang luar atau penduduk musiman, tidak memiliki KTP Tunjungan tetapi mempunyai rumah dan bekerja/mencari ikan di desa tunjungan dan desa sekitarnya. Sehingga perlunya penyampaian/sosialisasi tentang penanganan kebakaran hutan dan lahan.

Dari kegiatan tersebut diharapkan dapat mencapai hasil yang maksimal dalam upaya pencegahan kebakaran lahan dan hutan di wilayah Kecamatan Muara Kaman. (RyH-PKLK)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *