KONSULTASI TEKNIS PEMBIBITAN TANAMAN KARET DI LOKASI PENANGKAR PEMBIBITAN KARET KECAMATAN MARANG KAYU

Tenggarong,-  Dalam rangka kegiatan Konsultasi Teknis Pembibitan Tanaman Karet di Lokasi Penangkar Pembibitan Karet Unggul Eja Nursery Desa Perangat Selatan Kecamatan Marang Kayu Kabupaten Kutai Kartanegara, pada hari Kamis kemarin tanggal 18 April 2018 UPT Pembenihan Kebun Dinas dan Pengolahan Hasil (PKPH) melakukan koordinasi dengan UPT Penyuluhan dan Pengembangan Perkebunan Rakyat (P3R) Kecamatan Marang Kayu mengenai teknis pembibitan tanaman karet di lokasi penangkar bibit karet unggul Eja Nursery yang dihadiri pula oleh Bapak Edy Santoso selaku pemilik penangkar.

Penangkar Pembibitan Karet Unggul ini merupakan penangkar bibit karet yang sudah mendapatkan SK pemurnian untuk pembibitan karet unggul dari Direktorat Jendral Perkebunan (Dirjenbun) yaitu berupa SK sebagai Produsen Bibit Karet dengan Klone PB 260, IRR 112 dan IRR 118. Sampai dengan bulan april ini Eja Nursery memiliki bibit siap tanam yang ada di pembibitan sekitar kurang lebih 17.000 bibit karet (termasuk 10.000 bibit milik binaan UPTD).

Eja Nursery sendiri memiliki lahan kebun Entrys karet seluas 1.5 Ha yang berada di 2 (dua) tempat, yaitu di RT 15 Kampung Lombok dan di Tampubolon Desa Perangat Selatan. Untuk populasi dalam 1 Ha kebun entrys sekitar 8.000 pohon. Untuk pemasarannya terbuka untuk umum, baik masyarakat tani, mitra/rekanan, perusahaan swasta dan Binaan Dinas.

Di tahun 2018 ini  Penangkar Pembibitan Karet Unggul Eja Nursery menyiapkan untuk batang bawah okulasi sebanyak 500.000 batang. Dengan harapan adanya minat petani baik kelompok tani, swasta maupun dari dinas dapat menjadi acuan rekomendasi untuk memperoleh bibit karet unggul yang bersertifikat. (Edy. H)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *