Kegiatan Identifikasi dan Pengendalian Hama, Penyakit dan Gulma (IPHPG)

KUTAI KARTANEGARA, Bidang Perlindungan Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Kartanegara melakukan kunjungan lapangan dalam rangka kegiatan identifikasi dan pengendalian OPT  pada  serangan penyakit  jamur akar putih (rigidoporus lignosus) untuk tanaman karet, hama artona sp untuk tanaman kelapa dalam, hama kumbang kelapa (oryctes, sp) untuk tanaman kelapa sawit dan serangan penyakit busuk buah kakao (phytopthora sp) untuk tanaman kakao.

Kegiatan ini dilakukan pada daerah sentra-sentra serangan OPT yang berada di 5 (Lima) lokasi, yaitu Kec. Marangkayu, Kec. Samboja, Kec. Sangasanga, Kec. Muara Muntai, dan Kec. Kembang Janggut.

  1. Kecamatan Marang Kayu, Tanggal 7 s/d 8 Maret 2018
  2. Muara Muntai, Tanggal 8 s/d 9 Maret 2018
  3. Kecamatan Sangasanga, Tanggal 8 s/d 9  Maret  2018
  4. Kecamatan Samboja, tanggal  13 s/d 14  Maret 2018
  5. Kecamatan Kembang Janggut, 14 s/d 16 Maret 2018

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan wawasan dan SDM petani sebagai pola pembelajaran bagi petani dalam mengenal hama dan penyakit, menurunkan intensitas serangan OPT dan mengurangi menyebaran OPT pada daerah lainnya.

Pengendalian OPT pada daerah atau sentra-sentra serangan berdasarkan laporan petugas dan petani untuk mencegah tingginya intensitas serangan OPT. Kegiatan ini merupakan salah satu pola pembelajaran, pembinaan dan pendampingan bagi petani dalam mengindentifikasi dan pengendalian OPT dalam penyelesaian permasalahan petani untuk mengantisipasi secara dini serangan. (bs)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *