KADISBUN DAMPINGI BUPATI KUKAR TANAM PERDANA KELAPA DALAM

Tenggarong Seberang , Bupati Kutai Kartanegara Bapak H. Edi Damansyah dan Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Kartanegara Bapak Ir. H. Muhammad Taufik lakukan tanam perdana Bibit Kelapa Dalam di Lahan Kelompok Tani Bawaqna Di Dusun Barambai Desa Bukit Pariaman Kecamatan Tenggarong seberang (9/1/2021).

Pada kesempatan ini Kelompok Tani Bawaqna mendapatkan bantuan dari APBN-P Penyediaan Benih Tanaman Perkebunan BBPPT Medan tahun anggaran 2020 seluas 50 Ha.

Pada Anggaran Perubahan Tahun 2020, Pemkab Kukar mendapatkan alokasi bantuan dari APBN-P dalam bentuk kegiatan Penyediaan Benih Tanaman Perkebunan BBPPT Medan Tahun 2020, berupa bibit dan sarana produksi untuk pengembangan lada seluas 10 Ha (10.000 pohon) dan kelapa dalam seluas 107,5 Ha (15.360 pohon) pada 4 (empat) kecamatan, dengan rincian :
Lada :
1. KT. Padaidi Desa Sanggulan – Sebulu, seluas 5 Ha
2. KT. KWT Bogenvil Desa Batu Batu – Muara Badak, seluas 5 Ha
Kelapa Dalam :
1. KT. Bawaqna Desa Bukit Pariaman – Tenggarong Seberang, seluas 50 Ha
2. KT. Mekar Jaya Desa Sambera Baru – Marang Kayu, seluas 39 Ha
3. KT. Estu Lestari Desa Mekar Jaya – Sebulu, seluas 10 Ha
4. KT. Harapan Bersama Desa Mekar Jaya – Sebulu, luas sampai 8,5 Ha.
Laju pertumbuhan PDRB lapangan usaha pertanian, perkebunan dan peternakan periode 2016-2019 meningkat cukup signifikan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2019 laju pertumbuhannya sebesar 6,35 % berada di atas laju PDRB Kukar yg sebesar 3,77 %. Sedangkan kontribusi sektor pertanian, kehutanan dan perikanan telah mencapai 13,33% pada 2019 di sisi lain pertambangan & penggalian terus menurun menjadi 62,82 %. Kontribusi subsektor perkebunan sendiri sebesar 76,39 % dari sektor pertanian, kehutanan dan perikanan. Peningkatan tersebut antara lain menunjukkan bahwa arah kebijakan pembangunan sektor pertanian di Kab. Kukar sudah pada jalur yg benar.
Dalam rangka implementasi Visi Bupati dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara terpilih : “Mewujudkan Masyarakat Kukar Yang Sejahtera Dan Bahagia”, yang salah satu misinya adalah “Memperkuat Pembangunan Ekonomi Berbasis Pertanian, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif”, Dinas Perkebunan Kukar harus menyiapkan Blue Print Pengembangan Komoditas Perkebunan Berbasis Kawasan di Kab. Kukar.
Luas areal Perkebunan Rakyat pada tahun 2020 seluas 58.815 Ha dengan produksi sebesar 261.273 Ton. Jumlah rumah tangga pekebun sebanyak 29.249 KK.
Selain memberikan kontribusi yang terbesar dari sektor pertanian terhadap pertumbuhan ekonomi daerah (PDRB), sub sektor perkebunan juga berkontribusi besar terhadap penyerapan tenaga kerja dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kukar.
Data perkebunan rakyat di Kec. Tenggarong Seberang terdiri dari : kelapa sawit seluas 146 ha dengan pekebun sebanyak 128 KK, karet seluas 577 ha dengan pekebun sebanyak 128 KK, kelapa dalam seluas 146 ha dengan pekebun sebanyak 134 KK dan aren dalam seluas 9 ha dengan pekebun sebanyak 28 KK.
Kebutuhan akan komoditi kelapa dalam diperkirakan akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk (dikaitkan dengan IKN) dan berkembangnya sektor pariwisata di Kab. Kukar. (onegreen)

.

.

Sumber : Bidang Pengembangan dan Perbenihan.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *