INVENTARISASI PENGAWASAN, PEMELIHARAAN DAN MUTASI ALSIN PERKEBUNAN YANG DIPERBANTUKAN

 

Lokasi: Desa Prangat Selatan Kecamatan Marang Kayu

 

Lokasi: Desa Semangkok Kecamatan Marang Kayu

Alat dan Mesin Perkebunan sangat berperan langsung dalam pemeliharaan lahan perkebunan serta pengolahan hasil Perkebunan. Dengan terpenuhinya Alat dan Mesin Perkebunan yang memadai maka kegiatan ekstensifikasi Perkebunan di Kabupaten Kutai Kartanegara dari pembukaan lahan, perawatan lahan sampai dengan pengolahan hasil dapat terlaksana dengan baik sehingga kemajuan dan penerapan teknologi perkebunan dapat dicapai. Jika penerapan teknologi perkebunan telah terealisasi maka secara langsung akan berdampak postif pada peningkatan produktifitas Perkebunan.

Apabila penerapan teknologi perkebunan berupa Alat dan Mesin Perkebunan telah tercapai maka hal yang selanjutnya perlu dilakukan adalah Kegiatan inventarisasi pengawasan, pemeliharaan dan mutasi alat dan mesin Perkebunan. Perlunya inventarisasi pengawasan, pemeliharaan dan mutasi alat dan mesin perkebunan untuk menginventarisasi, mengontrol penyebaran Alat dan Mesin serta mengetahui kondisi Alat dan Mesin yang diperbantukan kepada Kelompok Tani tertentu. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengatasi masalah-masalah seperti alat dan mesin yang tidak dimanfaatkan lagi oleh  Kelompok Tani penerima bantuan sehingga kedepan dapat dimutasikan kepada Kelompok Tani yang membutuhkan. Apabila ada alat dan mesin yang rusak berat atau tidak dapat digunakan lagi maka akan diusulkan untuk dilakukan penghapusan agar tidak tercatat sebagai asset di Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Tujuan dari Kegiatan Inventarisasi Pengawasan, Pemeliharaan, dan Mutasi Alat dan Mesin Perkebunan diantaranya:

  1. Untuk meningkatkan produksi dan mutu hasil perkebunan.
  2. Pengawasan alat dan mesin perkebunan yang telah diperbantukan.
  3. Sebagai data untuk memutasi Alat dan Mesin yang tidak dimanfaatkan lagi oleh Kelompok Tani kepada Kelompok Tani yang membutuhkan.
  4. Sebagai bahan evaluasi untuk dasar penghapusan asset-asset BMN dan BMD yang sudah tidak dapat difungsikan dan rusak berat.
  5. Memberikan petunjuk dan acuan bagi petugas di Kabupaten/Kota serta Kelompok Tani sebagai penerima bantuan Alat dan Mesin.
  6. Memberikan penjelasan tentang cara pemeliharaan dan perawatan pada Alat dan mesin yang diperbantukan ke Kelompok Tani.

 Lokasi Kegiatan berada di 5 (lima) Kecamatan yaitu Marang Kayu, Loa Janan, Samboja, Muara Badak, dan Muara Jawa. Serta 13 Kelurahan/Desa yaitu Desa Semangkok, Desa Prangat Selatan, Desa Prangat Baru, Desa Santan Tengah, Desa Batuah, Desa Tani Bakti, Kelurahan Salok Api Laut, Kelurahan Handil Baru, Desa Tanah Datar, Desa Muara Badak Ulu, Kelurahan Muara Jawa Ilir, Kelurahan Sanga-sanga dan Kelurahan Muara Jawa Tengah yang berada di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kegiatan ini telah dilaksanakan pada bulan Maret di Kecamatan Loa Janan, Kecamatan Samboja dan Kecamatan Muara Jawa. Sedangkan di bulan September dilaksanakan kembali di Kecamatan Marangkayu.

(RR/Bid.Prod)

*Penilaian Anda Click here

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *