Disbun Kukar Melalui Bidang Produksi Laksanakan Kegiatan Pembinaan dan Pengawasan Pupuk Bersubsidi

Pupuk bersubsidi adalah pupuk yang pengadaan dan penyalurannya mendapatkan  subsidi dari pemerintah untuk kebutuhan petani yang dilaksanakan atas dasar program pemerintah di Sektor Pertanian. Jenis pupuk bersubsidi yaitu Urea, SP36, ZA, NPK dan pupuk Organik. Pupuk bersubsidi ditetapakan sebagai barang dalam pengawasan sebagai dimaksud dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 77 Tahun 2005.

Fasilitas penyediaan pupuk bersubsidi sebagai salah satu upaya untuk membantu ketersediaan pupuk bagi petani, perlu dilakukan pengawasan sesuai peraturan perundang-undangan. Kelancaran pengawasan pupuk bersubsidi tidak terlepas dari peran serta pemerintah Provinsi dan Kabupaten.

Penyusunan RDKK (Rencana Defenitif Kebutuhan Kelompok) bertujuan untuk merencanakan kebutuhan riil pupuk untuk usaha tani kelompok tani sesuai azas 6 (enam) tepat yaitu tepat waktu, tepat jumlah, tepat jenis, tepat mutu, tepat tempat dan tepat harga.

Permasalahan pupuk bersubsidi yang dihadapi di Kabupataen Kutai Kartanegara saat ini :

1.    Keterbatasan pengetahuan petani dalam menyusun RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok).

2.    Kios sebagai ujung tombak belum seluruhnya melakukan tertib administrasi.

3.    Pendampingan penyusunan RDKK (Rencana Defenitif Kebutuhan Kelompok)dilapangan belum optimal.

4.    Sulitnya data RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok) diperoleh dilapangan.

 Tujuan dari dilakukan pembinaan dan pengawasan pupuk bersubsidi oleh Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai kartanegara yaitu:

  1. Meningkatkan pengetahuan petani dalam menyusun RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok) sesuai azas 6 (enam) tepat.
  2. Tertib administrasi pada kios harus dilakukan sehingga data yang diperoleh valid.
  3. Koordinasi antar penyuluh dan petugas dari instansi terkait perlu selalu dilakukan sehingga kesulitan memperoleh data RDKK (Rencana Defenitif Kebutuhan Kelompok) dapat diatasi.

Kegiatan Pembinaan dan Pengawasan Pupuk Bersubsidi ini dilaksanakan di 2 (dua) Kecamatan yaitu di Kecamatan Marangkayu pada tanggal 13-14 September 2018 dan di Kecamatan Samboja pada tanggal 18-19 September 2018.

Download Formulir RDKK

Sumber: Rt_Rhw (Bid. Produksi)

Pembinaan dan Pengawasan Pupuk Bersubsidi di Kecamatan Marangkayu (13-14 September 2018)

 

Pembinaan dan Pengawasan Pupuk Bersubsidi di Kecamatan Samboja (18-19 September 2018)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *