Disbun Kukar Kirim Peserta Peninjau PEDA X KTNA ke Berau

Disbun Kukar bersama Bupati Kukar pada PEDA X KTNA Kaltim 2019

Plt. Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Kartanegara Ir. H. Sukhrawardy S. mengirim  beberapa pejabat esselon III dan IV lingkup Disbun Kukar untuk berperan aktif sebagai peserta peninjau  mengikuti Pekan Daerah (Peda) X Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) tingkat Provinsi Kalimantan Timur tahun 2019 yang  berlangsung di Kabupaten Berau, 20 sampai 25 Juli 2019. Rombongan Disbun Kukar di ketuai oleh Plt. Sekretaris Disbun Hamdani, SE.,M.Si., dan beberapa Kepala Seksi /Kasubag lingkup Disbun. Peserta berangkat bersama-sama  pada hari pelepasan kontingen Kukar yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati Kab. Kukar, Selasa (16/7/2019).

PEDA X KTNA Kaltim yang mengusung Tema “Melalui Pekan Daerah X Kontak Tani Nelayan Andalan Provinsi Kalimantan Timur tahun 2019, kita Wujudkan Kemandirian dan Kesejahteraan Petani Nelayan untuk Kalimantan Timur yang Berdaulat”, merupakan forum pertemuan para kontak tani nelayan sebagai media konsolidasi, komunikasi dan informasi kontak tani (pelaku utama) dengan pemerintah dan seluruh stakeholder (pelaku usaha).

Menurut Gubernur Kaltim “PEDA merupakan tempat berkumpul dan bersilaturahmi sesama petani dan aktivis pertanian. Petani mempunyai kontribusi yang sangat besar dalam membangun perekonomian makro di Kalimantan Timur. Diversifikasi Pangan menjadi bagian penting dalam pembangunan di Kaltim, sesuai visi dan misi pemerintah Provinsi Kaltim” (20/7/19).

Adapun tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan ini adalah untuk meningkatkan motivasi petani-nelayan dan masyarakat pelaku agribisnis dalam pembangunan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan serta menumbuh- kembangkan minat generasi muda pada bidang pertanian-perkebunan, kelautan-perikanan dan kehutanan dalam upaya meningkatkan kemandirian pangan. Selain itu melalui kegiatan Peda ini diharapkan peserta peninjau Disbun Kukar dapat memberikan manfaat antara lain, sebagai sarana konsolidasi organisasi KTNA di tingkat provinsi Kaltim dan sebagai sarana membangun komunikasi organisasi KTNA di sektor Pertanian, termasuk di sub sektor Perkebunan, juga sebagai sarana transfer informasi, teknologi, fasilitasi kemitraan dan jejaring agribisnis para kontak tani. Selain itu kegiatan ini bisa dimanfaatkan sebagai media fasilitasi kegiatan ekonomi dan kemitraan usaha. Selain itu PEDA X KTNA merupakan agenda rutin dalam rangka persiapan Pekan Nasional (Penas) KTNA XVI Tahun 2020 yang akan berlangsung di Provinsi Sumatera Barat. (NA, 20/7/19).

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *