Disbun Kukar kembali salurkan benih lada bermutu

Tenggarong – 5 Desember 2020, Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Ir. H. Muhammad Taufik melakukan penanaman perdana pengembangan budidaya lada di Desa Sabintulung Kecamatan Muara Kaman didampingi oleh Sekertaris Disbun Hamdani, SE., M.Si, Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan dan Perbenihan H. Miswan, SP. beserta jajaran serta Ketua Kelompok Tani (Poktan) Berkat Bersama Suryansyah dan anggota.

Kegiatan pengembangan lada seluas 25 ha di Desa Sabintulung tersebut merupakan realisasi program Disbun dengan dana bersumber APBD Kutai Kartanegara TA. 2020 sebagai respons atau tindak lanjut dari usulan kelompok tani yang diajukan pada tahun 2019 dan merupakan program kolaborasi dengan Disbun Prov. Kaltim yang pada tahun sebelumnya telah membantu bibit lada. Adapun penerima bantuan bibit lada, salah satunya adalah  kelompok tani Berkat Bersama Desa Sabintulung Kecamatan Muara Kaman. Dijelaskan oleh H.M. Taufik, paket bantuan Pemkab Kukar pada tahun ini adalah berupa tambahan benih lada bermutu untuk pengembangan seluas 10 ha, saprodi dan turus lada untuk seluas 25 ha.

Komoditas tersebut  akan terus dilakukan pengembangan, terlebih kebutuhan akan lada oleh pasar internasional selalu mengalami peningkatan.

bimbingan teknis singkat budidaya tanaman lada kepada petani anggota kelompok oleh narasumber

Pada kesempatan tersebut, dilaksanakan juga bimbingan teknis singkat budidaya tanaman lada kepada petani anggota kelompok yang menghadirkan narasumber Bapak Wahono, Kepala UPTD P3R Disbun Kec. Loa Janan yang telah memiliki pengalaman panjang membina petani lada di Prov. Kaltim.

H.M. Taufik mengharapkan para petani lada di Desa Sabintulung tersebut agar tetap bersemangat mengembangkan agribisnis lada. Pemerintah Daerah melalui Disbun Kukar tetap berkomitmen terus meningkatkan fasilitasi dan pembinaan kepada petani, khususnya petani lada dalam berbagai aspek usaha.

Atas bantuan dan perhatian Disbun Kukar, Ketua dan anggota Poktan Berkat Bersama menyampaikan terima kasih sembari mengharapkan juga adanya pembinaan lebih lanjut, antara lain menyangkut aspek pemeliharaan dan pengendalian OPT pada tanaman lada. “Bantuan bibit lada tersebut juga diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para petani.” ungkap H.M. Taufik. (sshk)

 

Sumber : Bidang Pengembangan dan Perbenihan

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *