Disbun Kukar gelar Bimtek Budidaya dan Teknologi Tanaman Karet

Muara Jawa, Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Bidang Produksi Teknologi dan Budidaya menggelar bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya dan Teknologi Tanaman Perkebunan Komoditi Karet tahun 2019. Kegiatan yang berlangsung dikediaman Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) M. Nur Sidik di Kecamatan Muara Jawa Ilir,  Senin (28/10/2019, dibuka oleh Kasi Teknologi dan Budidaya Disbun Kukar, Muhammad Faisal.

Faisal dalam sambutannya mengatakan tujuan dilakukan Bimtek ini untuk meningkatkan pengetahuan tentang perkebunan berkelanjutan sebagai upaya pengembangan perkebunan komoditi karet yang tentunya bisa memberikan nilai tambah dari produk perkebunan, meningkatkan keterampilan dalam pengelolaan usaha tani yang memiliki nilai perbaikan dilingkukan sosial dan ekonomis serta deseminasi teknologi tepat guna, efesien dan ramah lingkungan.

Faisal menerangkan bahwa sasaran yang ingin dicapai dalam bimtek ini adalah menambah dan memberikan informasi khususnya kepada petani tentang budidaya perkebunan.

“Dengan adanya Bimtek ini akan terbina para petani yang cakap dan memiliki kemampuan dan nilai tambah dalam pengelolaan usaha taninya serta memberikan motivasi kepada para petani yang lain untuk terus mengembangkan usaha pertanian, “ujarnya.

Bimtek Budidaya dan Teknologi Tanaman Perkebunan Komoditi Karet Tahun 2019 digelar selama 2 hari yang diikuti 18 peserta, terdiri dari Kelompok Tani Rahayu I, Rahayu II, Gunung Pelita dan Bina Harapan serta menghadirkan Narasumber Ketua UPPB Lancar Jaya Edy Santoso dengan materi teknis budidaya karet meliputi penanganan pra panen, panen dan pasca panen.

Faisal berharap usai mengikuti bimtek ini para peserta untuk bisa menerapkan teknologi yang telah dipelajari. “Sehingga bisa mengembangkan usaha Tanaman Perkebunan Komoditi Karet di Kecamatan Muara JawaIlir ini yang berdampak pada peningkatan nilai tambah para petani kebun karet.” harapnya

Turut hadir dalam acara tersebut Lurah Muara Jawa Ilir H. Rusdiansyah, Koordinator Penyuluh BPP Muara Jawa Ilir, Penyuluh Pertanian Ketua KTNA Muara Jawa serta undangan lainnya. Dalam kegiatan Bimtek selain mendapatkan materi dari narasumber juga dilakukan praktek lapangan.

Sumber : Bidang Produksi Seksi Teknologi dan Budidaya

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *