Dinas Perkebunan Turut Berpartisipasi Dalam Acara Beseprah

Kepala Dinas Perkebunan, Bapak Taufik Hidayat, SIP, MM Memukul Kentongan Pada Acara Beseprah

Tenggarong, Dinas perkebunan ikut berpartisipasi dalam acara beseprah yang dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2018 di depan Kedaton Kutai Jalan Monumen Timur. Acara beseprah ini diikuti oleh seluruh OPD yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara dan ribuan masyrakat Kutai Kartanegara. Acara beseprah dimulai pada jam 08.00 yang di awali dengan memukul kentongan yang dilakukan oleh Bapak Plt. Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah bersama – sama dengan Kepala Dinas/Badan yang ada di Kutai Kartanegara. Seiring pemukulan kentongan, masyarakat mulai menyantap makanan yang telah disajikan.

Beseprah adalah salah satu acara yang selalu di lakukan pada Upacara Acara Erau Adat Pelas Benua, pada tahun ini menjadi lebih meriah karena menampilkan gelaran dari enam negara peserta Erau International Folkloe And Art Festifal (EIFAF). Kegiatan Beseprah, yang dalam Bahasa Kutai, artinya Makan bersama sambil duduk bersila diatas tikar, Acara Beseprah ini salah satu kegiatan yang di tunggu oleh masyarakat Kutai Kartanegara. Beseprah yang dalam fungsinya tidak hanya makan gratis, namun menjadi ajang pendekatan bagi kerabat keraton dan pemerintah dengan masyarakat sekitar merupakan bagian dari adat Erau.

Ada bermacam-macam Kuliner yang di sajikan pada acara Beseprah ini secara gratis di hamparan kain sepanjang satu kilo meter, berupa jajanan khas kutai, seperti Serabai, Untuk-untuk, Apam, Putu labu, dan Roti Gembong. Ada juga makanan berat seperti Nasi kuning, Nasi kebuli, Nasi putih lengkap dengan pirik cabek (sambal) , gence ruan (ikan gabus goreng yang di lumuri sambal), semor & masih banyak makanan yang lainnya. Beseprah ini terlaksana atas dukungan dan partisipasi dari Perintah Kabupaten Kutai Kartanegara, Perbankan, dan sejumlah perusahaan / investor di Kutai Kartanegara. (INP)

  1. Sumber : Beseprah http://eifaf.visitingkutaikartanegara.com/kegiatan/beseprah
  2.  Subbag Penyusunan Program dan Keuangan

*Penilaian Anda Click here

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *