Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Kartanegara Raih Panji Keberhasilan Pembangunan Perkebunan di Kalimantan Timur

Tenggarong, Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Kartanegara meraih tingkat pertama dalam pembangunan bidang perkebunan.  Ditingkat Propinsi, Panji ini diserahkan oleh Gubernur, Bapak H. Isran Noor kepada Bapak Plt. Bupati Kutai Kartanegara, Bapak Edi Damansyah pada upacara peringatan HUT Pempron Kalimantan Timur yang ke-62.  Panji ini kemudian diserahkan oleh bapak Edi Damansyah kepada Kepala Dinas Perkebunan Bapak Akhmad Taufik Hidayat di Kantor Bupati Kutai Kartanegara pada hari Senin, 14 Januari 2019.

Penilaian panji keberhasilan pembangunan perkebunan ini dilakukan oleh Pemprov Kaltim melalui Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan timur. Menurut Kepala Disbun Kaltim, Ujang Rachmad, Aspek penilaian mencakup luas lahan serta produksi komoditi unggulan  perkebunan di Kalimantan Timur. Ada lima komoditi unggulan yang dimaksud adalah, Kelapa sawit, Karet, Kelapa Dalam, Kakao, dan Lada.

Khusus komoditi kelapa sawit yang dinilai capaian pembangunan kebun masyarakat (kebun kemitraan dan swadaya), ketaatan terhadap aturan yang berlaku.Termasuk Surat Tanda Daftar Usaha Perkebunan untuk Budidaya (STD-B), Surat Tanda Daftar Usaha Perkebunan untuk Industri Pengolahan Hasil Perkebunan (STD-P) serta jumlah kapasitas pabrik sawit.
Selain itu, indikator penilaian lainnya yakni dukungan APBD  kabupaten dan kota dalam pembangunan perkebunan. “Penghargaan diberikan setiap tahun sangat strategis untuk memacu peningkatan capaian luasan lahan dan produktivitas komoditi,”. (_Nyo)

*Penilaian Anda Click here

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *