Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Kartanegara Memperingati Hari Perkebunan ke-61 Tahun 2018

 

Penyerahan Piagam Penghargaan oleh Kepala Dinas Perkebunan Kutai Kartanegara

Tenggarong, Upacara peringatan Hari Perkebunan yang ke 61 dengan Tema ”Sinergi dan Akselerasi Kejayaan Perkebunan“ telah dilaksanakan pada tanggal 10 Desember 2018 di halaman Kantor Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Upacara dipimpin oleh Kepala Dinas Perkebunan Bapak Akhmad Taufik Hidayat, SIP, MM selaku Inspektur Upacara.

Upacara diawali dengan pembacaan teks Pancasila oleh inspektur upacara dan diikuti oleh seluruh peserta upacara, dilanjutkan dengan pembacaan sejarah singkat ditetapkannya 10 Desember sebagai hari perkebunan. Pada sesi ini dijelaskan bahwa pilihan tanggal 10 Desember 1957 sebagai Hari Perkebunan yang disepakati untuk diperingati dan dikenang menurut Dirjenbun punya sejumlah pertimbangan.  Salah satu diantaranya adalah berlangsungnya peristiwa bersejarah yaitu pengambil alihan seluruh Perkebunan ex Belanda menjadi Perkebunan Nasional yang lebih di kenal Nasionalisasi Perkebunan.

Proses perjalanan pembangunan perkebunan sampai mampu mencapai pengembangan perkebunan seperti yang ada sampai saat ini,  memberi gambaran bahwa peristiwa ambil alih perusahaan perkebunan Belanda pada tanggal 10 Desember 1957 mempunyai nilai strategis dengan perkembangan usaha perkebunan rakyat serta perkebunan besar swasta. Penetapan ini pertama kali dilakukan pada tanggal 09 Desember 2008. Dengan demikian maka dapat dipahami dan diterima peristiwa tanggal 10 Desember sebagai harinya seluruh masyarakat perkebunan untuk dikenang dan diperingati setiap tahun.

Dalam rangka memeriahkan Hari Perkebunan ini, juga dilaksanakan berbagai lomba seperti: lomba memasukan paku dalam botol, lomba memasang sarung, lomba pasang dasi, dan lomba ekspresi dan kreatif seni.

Upacara dilanjutkan dengan pemberian piagam penghargaan kepada Perusahaan Besar Swasta (PBS), Koperasi, Kelompok Tani Peduli Api (KTPA), Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO), Karyawan yang memasuki masa purna tugas, Ka. UPT dan Petugas Teknis terbaik dalam pembinaan petani serta masyarakat  yang ikut berperan serta dalam membangun perkebunan di Kabupaten Kutai Kartanegara. Setelah pemberian piagam penghargaan kemudian dilanjutkan dengan pembagian hadiah kepada pemenang lomba. (Ny)

*Penilaian Anda Click here

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *