Bicara pada Korankaltim.com “Kepala Disbun Kukar Harap Optimalisasi Pertanian Turut Didukung Seluruh OPD”

TENGGARONG – Mengutip Berita KORANKALTIM.COM Dinas Perkebunan (Disbun) menjadi OPD teknis yang selalu berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutai Kartanegara (Kukar) dalam hal peningkatan kualitas dan kuantitas pertanian dalam arti luas.

Hal ini diupayakan agar kedepan Kukar perlahan tidak lagi bergantung dengan dana bagi hasil Migas dan sumberdaya alam lainnya yang tidak bisa terbarukan, selain itu juga untuk kesiapan Kukar sebagai daerah penyangga ketahanan pangan untuk Ibu Kota Negara (IKN) kedepan.

Kepala Disbun Kukar, H M Taufik mengatakan, dalam RPJMD Bupati dan Wakil Bupati Kukar periode sekarang ini hingga 2024 mendatang, pertanian dalam arti luas tetap menjadi pokok prioritas yang harus terstruktur dan terukur program pembangunannya baik dari segi sarana prasarananya maupun sektor hulu hilir dan sektor penunjang.

“Dalam pemaparannya Pak Bupati yang tertuang di RPJMD memang pertanian menjadi salah satu hal yang utama, jadi kami Disbun dan Distanak diminta untuk kerja ekstra dalam hal peningkatan sektor pertanian baik untuk kemandirian daerah maupun sebagai bentuk sumber-sumber pendapatan daerah saat ini hingga kedepan,” katanya kepada korankaltim.com, Jumat (14/5/2021).

Oleh karenanya, Disbun berharap hal ini tidak hanya dikerjakan oleh dua OPD teknis ini saja, namun juga wajib mendapat dukungan dari perangkat daerah lainnya semisal Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Ketahan Pangan (DKP), Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) dan seluruh perangkat teknis lainnya dari tingkat kabupaten hingga tingkat kecamatan.

“Perlu dan wajib didukung oleh OPD teknis lainnya, khusus Dinas PU itu wajib mendukung dalam hal pembangunan sarana prasarananya. Jangan lagi berpikir dengan mindset yang lama, kita harus kerja kerja dan kerja. Kami siap berkolaborasi dan mendukung dalam hal pembangunan embung untuk pengairan sawah juga jalan usaha tani,” harapnya.

Diketahui dalam program kerja Bupati Edi Damansyah, pemerintah menargetkan membangun 120 embung yang tersebar di seluruh kecamatan. Dan untuk pembangunan embung ini OPD teknis yang diberikan wewenang ialah Dinas PU. Senada dengan Kadisbun, Kepala Distanak Kukar, Sutikno juga berharap target pembangunan 120 embung ini juga disikapi secara serius oleh Dinas PU. “Ia benar kita ada program pembuatan 120 embung, program ini untuk menargetkan kita tiga kali panen dalam setahun. Tidak hanya Dinas PU, harapannya kerja bersama ini juga turut didukung oleh semua perangkat daerah yang ada,” tegasnya

Sumber  :  Korankaltim.com (https://korankaltim.com/read/kutai-kartanegara/43409/kepala-disbun-kukar-harap-optimalisasi-pertanian-turut-didukung-seluruh-opd)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *