Badan Litbang Pertanian RI Dukung Program Prioritas Bupati Kukar

Penandatanganan MOU Percepatan Pembangunan Pertanian

Jakarta, Pertanian dalam arti luas, menjadi salah satu program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah dan Rendi Solihin. Program tersebut tertuang dalam Penguatan visi Pemerintahan Kabupaten Kutai Kartanegara yakni Mewujudkan Masyarakat Kutai Kartanegara yang Sejahtera dan berbahagia khususnya di bidang pertanian.

Guna memastikan pelaksanaannya, Pemkab Kukar bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementrian Pertanian (Kementan) RI.

Bersama Kepala OPD terkait, Kepala Dinas Perkebunan (Kadisbun) Kukar Ir. H.M Taufik mendampingi Bupati Kukar H. Edi Damansyah dalam acara penandatanganan MOU Percepatan pembangunan pertanian dalam arti luas melalui penelitian dan pengembangan pertanian di Kabupaten Kukar, yang berlangsung di Aula pertemuan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementrian Pertanian RI Jakarta, Senin (19/4/2021) yang lalu.

Penandatanganan MoU didahului dengan presentasi Bupati Kutai Kartanegara yang dihadiri oleh Kabalitbangtan beserta jajaran tentang potensi, permasalahan dan program prioritas pembangunan pertanian dalam arti luas di Kabupaten Kutai Kartanegara tahun 2021-2026. Dan setelah penandatanganan MoU dilanjutkan dengan diskusi antara Kepala OPD terkait yang hadir dengan Sekretaris Balitbangtan dan BPTP Kaltim terkait dgn penyiapan Perjanjian Kerjasama (PKS) yang akan ditindaklanjuti oleh perangkat daerah terkait.

Kukar akan menjadi wilayah pengembangan IKN,  dalam pembangunan pertanian tersebut apa yang menjadi keperluan Kukar pihak Balitbangtan RI siap membantu dalam halnya penelitian tanaman pangan, tanaman holtikultura, tanaman perkebunan, peternakan dan veteriner serta lainnya, ungkap Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian RI Fadjry Djufry

Mengutip dari paparan Bupati Kukar, H. Edi Damansyah, Taufik menyampaikan bahwa kerjasama antara Pemkab Kukar dengan Balitbangtan RI merupakan manfaat yang besar bagi sektor Pertanian dalam arti luas, dan sektor Perkebunan di Kukar pada khususnya.”

Untuk sektor perkebunan Bupati Kukar memprioritaskan Program kegiatan pembangunan embung skala kecil, revitalisasi system penyuluhan, peningkatan areal perkebunan kelapa sawit, karet, lada dan kelapa dalam yang terdapat dibeberapa Kecamatan di Kukar, tutup Taufik. (sshk)

Sumber : Umtalak , Prokom Kukar, BLUSUKAN (Buletin Seputar Kukar & Pimpinan)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *